MAKALAH, Hakekat Manusia

Hakekat Manusia

Hakikat berasal dari bahasa arab,dengan kata dasarnya haq yang kebenaran yang sesungguhnya (mendasar). Apabila seseorangberarti menerangkan atau menjelaskan sesuatu benda atau sifat,maka yangdijelaskan itu adalah cirri-ciri atau sifat yang mendasar dari benda atau objek tersebut. Istilah manusia juga berasal dari bahasa arab yaitu dari kata man yangartinya manusia kebetulan sama artinya yang ada dalam bahasa inggris, dan penggalan kata yang kedua yaitu nasia yang artinya pelupa jadi manusia adalah:orang yang sering lupa tentang aturan peringatan-peringatan tuhan. Beberapa istilah lain yang digunakan untuk manusia adalah:
1. Al insane:manusia yang mempunyai hati
2. Al basyar :manusia dalam bentuk lahiriah nya yaitu makhluk yang memerlukan makan dan minum,sebagai     layaknya manusia biasa.
3. Baniadam : anak adam yaitu nabi adam maksudnya:cucu nabi adam.

Pandangan Islam Tentang Hakikat Manusia
a.Pandangan islam memandang hakikat manusia bukan berdasarkan pandangan pribadi atau individu orang yang memandang,akan tetapi pandangan yang didasarkan atas ayat-ayat tuhan terkandung didalam Al Quran atau pandangan yang disampaikan nabi Muhammad SAW.
a. Manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan/AllahTuhan sebagai pencipta disebut khalik:dan selain dari tuhan disebutmakhluk.idealnya setiap makhluk harus patuh bertingkah laku sesuai denganaturan yang ditetapkan penciptanya.
b. Hakikat manusia sebagai khalifah (Manager)Tuhan yang Maha Pengasih lagi maha penyayang memposisikan manusia padatempat yang paling tinggi yaitu sebagai khalifah(manager)untuk mengatur alamini berdasarkan aturan Tuhan. Pandangan Ilmuan Barat tentang Hakekat Manusia
 1)Pandangan psikoanalitik dari S.Freud. Menurut Freud manusia terdiri dari 3 komponen yaitu:id=das,es dan ego=das,ichserta superego-dan uber ich dalam id terdapat unsure seksual sebagai dayapenggerak kejiwaan/tingkah laku manusia.ego yaitu:untuk menjembatani iddengan dunia luar dari individu itu,yang muncul kedunia luar dari perbuatanindividu adalah egonya.super ego tumbuh dan berkembang berkat interaksiantara individu dengan lingkungannya yang bersifat mengatur sepertinilai,moral,adat,tradisi,hokum,norma,dll.
2)Pandangan Humanistik
   a)Dalam waktu tertentu manusia punyaotonomi untuk menentukan nasibnya.Contoh:seorang akan menjadi       petani,pegawai,mau duduk atau berdiri sesuaidengan keputusannya.
   b)Manusia bukan makhluk jahat atau baik,tetapi ia punya potensi keduanya.Contoh:manusia mempunyai pilihan dalam mengambil keputusan
   c)Manusia adalah makhluk yang bertanggung jawab atas perbuatannya. contoh:manusia dapat bertanggung jawab atas perbuatannya,karena ia dituntutdan di beri tanggung jawab.
   d)Manusia makhluk yang senantiasa menjadi (on going process)dan tak pernahsempurnacontoh:janin akan menjadi bayi,selanjutnya anak balita,anak taman kanak-kanak, anak SD, berlanjut dengan remaja,jadi saudagar, pegawai, nelayan, dan jadi almarhum/almarhumah. Dan akhirnya menjadi penghuni surge dan neraka, ini membuktikan bahwa manusia tidak ada yang sempurna.
3)Pandangan behavioristik Disini diterangkan bahwa tingkah laku manusia ditentukan oleh pengaruhlingkungan yang dialami oleh individu yang bersangkutan Dimensi-dimensi Kemanusiaan
   1.Dimensi keindividualan Keberadan manusia sebagai individual bersifat unikyaitu:berbeda antara satu dengan yang lainnya.
   2.Dimensi kesosialan Seseorang akan menemukan akunya,manakala beradaditengah aku yang lain,yaitu:manusia tidak akan mengenali dirinya dan dapatmewujudkan potensinya sebelum ia berinteraksi dengan manusia lain.
   3.Dimensi kesusilaan Dalam pergaulan sosial manusia diikat oleh nilai-nilai tertentu, yang menjadi patokan/ukuran, bahwa suatu prilaku dianggap baik/buruk.
   4.Dimensi keberagaman Manusia adalah makhluk yang religius yang mengakuibahwa ada suatu zat yang menguasai alam beserta isinya,yang dipuja dan disembahnya yang disebut Allah yaitu Tuhan. Pengembangan Dimensi Kemanusiaan Manusia secara individu lahir ke bumi dengan segenap potensi untukberkembang.agar potensi yang dimiliki manusia berkembang optimal makamanusia memerlukan orang lain dalam kehidupannya melalui proses sosialisasi Sosok manusia Indonesia seutuhnya Manusia yang utuh merupakan tujuan pembangunan,seperti yang digambarkanGBHN bahwa pembangunan yang dilaksanakan adalahdalam rangka membangunmanusia Indonesia yang seutuhnya,hidup secara serasi,selaras,danseimbangantara kehidupanjasmaniah,dan rohaniah.Sikap hidup manusia Indonesia adalah:
   1.Kepentingan pribadinya tetap diletakkan dalam rangka kesadaran dankewajibansebagai makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
   2.kewajiban terhadap masyarakat lebih besar dari kepentingan pribadinya.
   3. Interaksi pendidikan adalah pengendalian yang pada dasarnya dilakukan dengan cara yaitu:
        a.menumbuhkan kemandirian dengan menyediakan kesempatan utukmemutuskan dan berbuat.
        b.menumbuhkan kemampuan mengambil keputusan dan berbuat dengan meningkatkan pengetahuan
           keterampilan.
        c.menyediakan system dukungan yang menawarkan kesempatan sertakemudahan belajar.

Description: MAKALAH, Hakekat Manusia, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: MAKALAH, Hakekat Manusia